Sabtu, 18 Februari 2012

pengertian politik

Mark Roelofs

Politik adalah pembicaraan atau lebih cepat kegiatan politik ( berpolitik ) berbicara ia menekankan bahwa politik tidak hanya pembicaraan, tetapi juga tidak semua pembicaraan politik. ( komunikasi politik dan nommo, Jalaludin Rakhmat )

Piere Bourdieu

Politik adalah suatu perjuangan demi gagasan gagasan, tetapi demi suatu tipe gagasan yang sama sekali khusus, yaitu gagasan kekuasaan , gagasan yang memberi kekuatan dengan berperan sebagai kekuatan dengan berperan sebagai kekuatan mobilisasi. (Etika Politik dan Kekerasan, Dr. Haryatmoko )

Ossip K. Fletcterm ( fundamental political science )

Ilmu politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan tujuan dari gejala kekuasaan lain yang tidak resmi yang dapat mempengaruhi negara ( Dasar – Dasar Ilmu Politik, Prof. Mirriam budiardjo )

Andrew Hey Wood

Politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat mempartahankan dan mengamademen peraturan peraturan umum yang mengatur kehidupannya yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerja sama ( Dasar – Dasar Ilmu Politik, Prof. Mirriam budiardjo )

Rod hague

politik adalah kegiatan yang menyangkul cara bagaimana kelompok – kelompok mencapai keputusan - keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan – perbedaan diantara anggota – anggotanya. ( Dasar – Dasar Ilmu Politik, Prof. Mirriam budiardjo )

Jouce mitchel

Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk masyarakat seluruhnya. ( Dasar – Dasar Ilmu Politik, Prof. Mirriam budiardjo )

Karl W. Deutch

Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum. ( Dasar – Dasar Ilmu Politik, Prof. Mirriam budiardjo )

kesimpulan

Politik adalah suatu tindakan kelompok – kelompok yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan dan menetapkan keputusan – keputusan yang menyangkut kebijakan umum yang bertujuan untuk masyarakat atau untuk negara.

Ilmu politik terkait dalam ilmu pengetahuan lain antara lain :

1. Sejarah

2. Filsafat

Ilmu politik terkait dalam ilmu pengetahuan sosial antara lain :

1. Sosiologi

2. Antropologi

3. Ilmu ekonomi

4. Psikologi sosial

5. Geografi

6. Ilmu hukum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar